Sunday, February 10, 2019

penyajian data



SEJARAH
Menurut Ardhana12 (dalam Lexy J. Moleong 2002: 103) menjelaskan bahwa analisis data adalah proses mengatur urutan data, mengorganisasikanya ke dalam suatu pola, kategori, dan satuan uraian dasar.
Menurut Taylor, (1975: 79) mendefinisikan analisis data sebagai proses yang merinci usaha secara formal untuk menemukan tema dan merumuskan hipotesis (ide) seperti yang disarankan dan sebagai usaha untuk memberikan bantuan dan tema pada hipotesis. Jika dikaji, pada dasarnya definisi pertama lebih menitikberatkan pengorganisasian data sedangkan yang ke dua lebih menekankan maksud dan tujuan analisis data. Dengan demikian definisi tersebut dapat disintesiskan bahwa analisis data merupakan proses mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori dan satuan uraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis kerja seperti yang didasarkan oleh data.


 A. PENDAHULUAN
        Penyajian data merupakan cara yang digunakan untuk meringkas menata, mengatur atau mengorganisir data sehingga data mudah untuk dimengerti oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan data tersebut. Secara umum ada dua cara untuk menyajikan data yaitu dengan tabel dan grafik. Kedua cara ini saling berkaitan, karena pada dasarnya sebelum dibuat grafik terlebih dahulu harus dibuat tabelnya. Dari dua cara ini penyajian data dengan grafik merupakan penyajian data yang lebih komunikatif karena dalam waktu yang singkat seseorang akan dapat dengan mudah memperoleh gambaran dan kesimpulan suatu keadaan.


Penyajian DataPenyajian data adalah mekanisasi yang dipergunakan dalam sebuah laporan penelitian untuk menyajikan rangkaian angka numeric agar mudah dibaca. Sehingga secara umumnya, data-data penelitian tersebut dapat disajikan kepada khalayak umum dengan sangat mudah.

Pengertian Penyajian DataPengertian penyajian data adalah aktivitas yang dilakukan oleh seseorang penelitian, baik individu ataupun berkelompok untuk melengkapi proses pembuatan laporan atas hasil penelitian kuantitatif/kualitataif yang telah dilakukan, sehingga senantianysa bisa dianalisis sesuai dengan standar keilmiahanan.Bentuk Penyajian DataSecara umum, pada proses penyajian data yang dilakukan untuk penelitian mengandung 3 jenis karaktristik yang berbeda, diantaranya macam penyajian data yang diperlakukan adalah sebagai berikut;
  1. Tabel
  1. Grafik/diagram
  1. Peta
Tabel    Penyajian data dengan tabel merupakan cara yang paling mudah dilakukan dalam sejumlah penelitian statistika. Penyajian dengan tabel ini biasanya dipergunakan untuk kepentingan analisis perbandingan-perbendaingan yang diperlukan dalam teori penelitian sosial.Contohnya saja yang tergolong dalam penyajian data bentuk tambel misalnya untuk membandingkan tingkat kepadatan penduduk yang berada di suatu wilayah pada periode waktu tertentu, dengan kepadatan penduduk di wilayah lainnya yang berbeda atau sama.Grafik/Diagram     Jenis penyajian data yang dipergunakan dalam grafik atau diagram ini sudah mafhum dilakukan dalam serangkaian penelitian-penelitian sosial ataupun eksperimen, yang secara garis besarnya menjelaskan tentang visualisasi penelitian atau informasi tentang kegiatan secara ringkas, menarik, dan jelas.Contoh penggunaan dalam penyajian data ini sendiri misalnya saja tentang penggunaan data kependudukan yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengukur adanya persebaran penduduk tidak merata yang ada di wilayah dan perwilayahan Indonesia.Keunggulan Penyajian Data Dalam Bentuk GrafikAdapun beberapa kelebihan atas penyajian data dalam bentuk diagram atau grafik ini, antara lain adalah sebagai berikut;
  • Pembaca lebih mudah dalam membandingkan data satu dengan data yang lain,
  • Dapat menggambarkan data secara seri
  • Penyajian lebih menarik.
Selain memiliki kelebihan, sistem penghitungan dan penampilan data penelitian dengan grafik mempunyai kelemahan dibandingkan dengan penyajian lainnya. Mislanya saja akan karakteristknya yang terpaparkan hanya pendapatkan sedangkan detai terdapat dalam table. Peristilah ini kerap kalian disebut dengan aprosimatif.Jenis Grafik dalam Penyajian DataAdapun secara umum, setidaknya ada tiga macam jenis grafik atau diagram dalam penyajian data. Antara lain adalah sebagai berikut;
  • Grafik batang (bar graph) adalah grafik dalam penyajian data yang mafhumnya diwakili oleh segi empat berbentuk batang, baik horizontal maupun vertikal
  • Grafik lingkaran (pie graph) adalah prosesi penyajidan yang dilakukan dengan gambaran lingkaran dengan penjelasan persentase disetiap numeriknya.
  • Grafik garis (line graph) adalah bentuk penyajian data yang umumnya hanya dilakukan penggabaran dalam garis/titik-titik.



B. Penyajian Data Dengan Tabel
  • Tabel merupakan kumpulan angka-angka yang tersusun berdasarkan kategori-kategori atau karakteristikkarakteristik tertentu sehingga memudahkan untuk dianalisis. Data yang disajikan dalam tabel bisa berupa data cross section atau data time series. Secara umum penyusunan tabel memerlukan identitas judul tabel, judul baris, judul kolom, badan tabel catatan dan sumber data. Penyajian data dengan tabel bisa berbentuk tabel satu arah, dua arah dan tiga arah.
  • Tabel Satu Arah Tabel satu arah adalah tabel yang hanya terdiri dari satu karakteristik atau kategori. Misalnya :
  1. Jumlah penjualan menurut jenis barang.
  2. Jumlah penganguran menurut daerah.
  3. Jumlah modal asing menurut sektor ekonomi.
Contoh 1. 
    Tabel 1. Jumlah Penjualan Lima Jenis Barang Elektronik Pada Alfa Supermarket tahun 2018


Contoh 2.
   Tabel 2. Jumlah Pengangguran pada Lima Kota Besar Di Propinsi Jawa Barat Tahun 2018

  • Tabel Dua Arah Yaitu tabel yang terdiri dari dua karakteristik atau dua kategori misalnya
     1. Jumlah penjualan menurut jenis barang dan daerah penjualan.
     2. Jumlah penanaman modal asing menurut sektor ekonomi dan lokasi investasi.
     3. Jumlah Impor menurut Jenis barang dan negara.
      
Contoh : 
Tabel 4. Penjualan Lima Jenis Barang Elektronik di Alfa Supermarket Pada 3 Kota Besar Tahun 2002 




  •  Tabel Tiga Arah Tabel tiga arah menunjukan tiga karakteristik atau kategori data misalnya : 


           1. Jumlah Investasi menurut jenis usaha, negara asal dan lokasi investasi. 
           2. Jumlah Produksi menurut, Jam kerja (sift), jenis mesin dan kualitas barang. 
Contoh: 
Tabel 7. Investasi Menurut Jenis Usaha, Negara Asal dan Lokasi Investasi Pada Tahun 2003

Kelebihanya anatara lain
1. mudah dalam menulis
2.teratur
3.terlihat rapi

kekurangan
1. tidak bisa menulis dengan lengkap karena tabel yang terbatas
2.lembaran lebih banyak di butuhkan

C. Penyajian Data Dengan Grafik 
       Selain menyajikan data dengan menggunakan tabel, kita dapat juga menyajikan data dengan         menggunakan gambar-gambar atau grafik. Banyak sekali jenis tampilan data dalam bentuk grafik   tetapi pada bagian ini hanya ditampilkan grafik-grafik yang umum di jumpai seperti : Grafik garis   (Line Chart), Grafik balok/batang (Bar Chart), Grafik Lingkaran (Pie Chart), dan Pictogram. 
Grafik garis 
    Grafik garis secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single line chart yang terdiri dari satu     garis saja dan multiple line chart yang terdiri dari beberapa garis. Garfik garis baik yang tunggal   maupun yang terdiri dari beberapa garis sangat berguna untuk menggambarkan perkembangan suatu   kegiatan. Umumnya grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk time series yang sekaligus bisa   dilihat trend-nya.

Contoh Grafik Garis yang tunggal :
 Grafik 1. penjualan lima jenis barang di toko azela pada tahun 2019 

Grafik 2. Perkembangan Price Earning Ratio (PER) Saham Telekomunikasi Tahun 2000

Grafik Batang/Balok 
    Grafik batang/balok (Bar Chart) secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single Bar chart yang terdiri dari satu batang saja dan multiple bar chart yang terdiri dari beberapa batang. Garfik batang baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa batang sangat berguna untuk menggambarkan perbandingan suatu kegiatan. Grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk cross section dan time series
Contoh Grafik Multiple Bar Chart 

 Grafik Lingkaran
   Grafik Lingkaran(Pie Chart) secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single Pie chart yang terdiri dari satu lingkaran saja dan multiple pie chart yang terdiri dari beberapa lingkaran. Garfik ingkaran baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa lingkaran sangat berguna untuk menggambarkan perbandingan suatu kegiatan berdasrkan nilai-nilai karakteristik satu dengan yang lain dan dengan keseluruhan (biasanya dalam persentase). Grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk cross section.
Contoh Grafik Lingkaran yang Tunggal 



Pictogram 
  Pictogram adalah grafik berupa gambar di dalam bidang koordinat XY dinyatakan gambar-gambar dengan suatu ciri-ciri khusus untuk suatu karakteristik. Misalnya untuk menyatakan jumlah peswat pada tahun-tahun tertentu, dapat digambarkan berupa gambar peswa (secara sederhana). Tiap gambar mewakili suatu jumlah tertentu. Contoh Pictogram 
jumlah kendaraan pesawat dan kapal 2017 s/d 2018 


REFERENSI :

No comments:

Post a Comment